ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII


Mamluatul Mufida, 4101411076 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411076-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIIIpada pembelajaran matematikapada model PBL dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VIII ASMP Negeri 1 Trangkil, Kabupaten Pati yang berasal dari gaya belajarvisual, auditorial, dan kinestetik.Teknikpengumpulan datayang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes penggolongan gaya belajaruntuk mengklasifikasikangaya belajar masing-masing siswa. Tes komunikasi matematis dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasimatematis siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis (IDK) yakni (1) kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan (IDK1); (2) kemampuan menggambarkan ide-ide matematis secara visual (IDK2); (3) kemampuan memahami dan menginterpretasikan ide-ide matematis secara tulisan (IDK3); (4) kemampuan mengevaluasi ide-ide matematis secara tulisan (IDK4); dan (5) kemampuan dalam mengunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi (IDK5). Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada IDK4 dan sangat baik pada IDK1, IDK2, IDK3, dan IDK5; (2) subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada IDK1 dan IDK4 serta sangat baik pada IDK2, IDK3, dan IDK5; dan (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada IDK1, IDK3, IDK4, dan IDK5 serta sangat baik pada IDK2. Peneliti menyarankan kepada guru SMP Negeri 1 Trangkil, Kabupaten Patiuntuk menentukan pendekatan, strategi dan model pembelajaran yang tepat untuk merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran di kelas sesuai dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar,kemampuan komunikasi matematis, pendekatan saintifik, Problem Based Learning (PBL).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:05
Last Modified: 12 Nov 2015 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item