ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK


Gustine Primadya Anandita , 4101411075 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411075-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan koneksi matematis kelas VIII F SMP N 1 Jepara danmemperoleh deskripsi kinerja siswa dalam menyelesaikan soal. Subjek penelitian ini berjumlah 37 siswa. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada indikator koneksi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah validitas data, transkrip data verbal, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)tingkat kemampuan koneksi matematis siswa adalah sebagai berikut: (a)1 siswa termasuk dalam kategori “baik sekali”;(b) 2 siswa termasuk dalam kategori “baik”;(c) 6 siswa termasuk dalam kategori “cukup”;(d) 10 siswa termasuk dalam kategori “kurang”; dan (e) 18 siswa termasuk dalam kategori “kurang sekali”,(2) deskripsi kinerja siswa dari masing-masing kategori adalah sebagai berikut: (a) siswa pada kategori “baik sekali” dapat menjawab semua soal dengan benar dan dapat memenuhi 5 dari 6 indikator koneksi matematis; (b)siswa pada kategori “baik” dapat mengerjakan semua soal tetapi ada 2 butir soal yang tidak dapat diselesaikan dan memenuhi 4 dari 6 indikator koneksi matematis; (c)siswa pada kategori “cukup” dapat menyelesaikan 3 pertanyaan pada soal dan memenuhi 2 dari 6 indikator koneksi matematis; (d)siswa pada kategori “kurang” hanya dapat menyelesaikan 1 permasalahan dan hanya memenuhi 1 dari 6 indikator koneksi matematis; (e) siswa pada kategori “kurang sekali” tidak dapat menyelesaikan soal sama sekali dan tidak menunjukkan adanya indikator koneksi matematis. Diperlukan adanya penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang hal apa saja yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deskripsi Kinerja Siswa; Kategori Tingkat Kemampuan Koneksi Matematis; Kemampuan Koneksi Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:01
Last Modified: 12 Nov 2015 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item