KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA


Zulfa Ainurrizqiyah , 4101411061 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411061-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematik siswa merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adalah (1) apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh materi pembelajaran melalui model PjBL dengan tugas creative mind-map dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal? (2) apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh materi pembelajaran melalui model PjBL dengan tugas creative mind-map lebih baik daripada pembelajaran ekspositori? (3) apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh materi pembelajaran melalui model PjBL dengan tugas creative mind-map dapat meningkat? dan (4) bagaimana kreativitas siswa kelompok rendah, sedang, dan tinggi dalam tugas creative mind-map? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan true experimental designs dengan pre and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukorejo tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara cluster random sampling, terpilih sampel yaitu siswa kelas XB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan XC sebagai kelas eksperimen dengan model PjBL dengan tugas creative mind-map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji proporsi, diperoleh lebih dari 75 % siswa kelas eksperimen mencapai nilai ketuntasan belajar, yaitu 75. Selain itu, diperoleh adanya perbedaan hasil kemampuan koneksi matematik antar kedua kelas dimana kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Sedangkan untuk peningkatan menggunakan uji t berpasangan dan gain ternormalisasi dengan hasilnya yaitu terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi. Untuk deskripsi tugas creative mind-map pada kelompok rendah, sedang, dan tinggi diperoleh hasil bahwa pada kelompok rendah siswa belum dapat mengkoneksikan sub bagan dari bagan-bagan yang dituliskan, sehingga tidak memenuhi indikator keluwesan. Untuk kelompk sedang masih mengalami kesalahan dalam indikator kelancaran dimana ada sebagian konsep yang salah penulisannya, sedangkan kelompok tinggi tugas creative mind-map yang dihasilkan sudah baik dengan memenuhi keempat indikator kreativitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PjBL, Kemampuan Koneksi Matematik, Tugas creative mind-map.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 07:53
Last Modified: 12 Nov 2015 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item View Item