KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN MIND MAP MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Istika Ramadhani , 4101411059 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN MIND MAP MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411059-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerima pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) mengetahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerima pembelajaran model PBL dengan mind map dapat mencapai ketuntasan belajar; (3) mengetahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menerima pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity, model PBL dengan mind map, dan model ekspositori; (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif antara aktivitas belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerima pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Terpilih kelas VII G sebagai kelas yang menerima pembeljaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity (kelas eksperimen 1), kelas VII E sebagai kelas yang menerima model PBL dengan mind map (kelas eksperimen 2), dan kelas VII C sebagai kelas yang menerima pembelajaran model ekspositori (kelas kontrol). Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Kelas sampel diberi postest dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, uji rata-rata, uji anava, uji lanjut LSD, dan uji regresi linier sederhana. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerima model PBL dengan mind map melalui hands on activity dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerima model PBL dengan mind map dapat mencapai ketuntasan belajar; (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menerima pembelajaran dengan model PBL dengan mind map melalui hands on activity, model PBL dengan mind map, dan model ekspositori. Kelas Eksperimen 1 yang menerima pembelajaran dengan model PBL dengan mind map melalui hands on activity memiliki rata-rata paling tinggi, kemudian pada urutan kedua adalah kelas eksperimen 2 yang menerima pembelajaran dengan model PBL dengan mind map, dan urutan ketiga adalah kelas kontrol yang menerima pembelajaran model ekspositori; (4) ada pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa yang menerima pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model PBL, mind map, hands on activity, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 07:49
Last Modified: 12 Nov 2015 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item View Item