PENGARUH KEMAMPUAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Anang Heri Wibowo, 2302410056 (2014) PENGARUH KEMAMPUAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302410056-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES mulai tahun ajaran 2013/2014 semester genap mulai menyelenggarakan pengintegrasian beberapa mata kuliah. Mata kuliah yang diintegrasikan itu diantaranya yakni mata kuliah tata bahasa/bunpo dan mata kuliah berbicara/kaiwa. Kemampuan berbicara mahasiswa pada mata kuliah kaiwa seharusnya lebih baik, karena sudah diajarkan kosakata, pola kalimat dan tata bahasanya pada mata kuliah bunpo.Namun berbanding terbalik dengan apa yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Jepang di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan tata bahasa yang baik namun kemampuan berbicaranya kurang, maupun sebaliknya. Hal itu dibuktikan dengan nilai yang diperoleh mahasiswa dalam mata kuliah tata bahasa dan berbicara yang tidak berimbang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan tata bahasa dengan kemampuan berbicara. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2011 yang mengambil mata kuliah Bunpo Enshu dan Kaiwa Enshu. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama, jumlah siswa dan nilai yang diperoleh pada dua mata kuliah tersebut. Data yang diperoleh diuji menggunakan rumus Product Moment, dari data tersebut didapat hasil harga rhitung lebih besar dari rtabel untuk kesalahan 5% (0,462 > 0,268). Untuk mengetahui seberapa besar mengetahui pengaruh kemampuan tata bahasa terhadap kemampuan berbicara, digunakan rumus konstribusi. Hasil dari perhitungan konstribusi didapatkan hasil sebesar 21,34%, berarti kemampuan tata bahasa memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbicara sebesar 21,34%. Faktor yang menjadi penyebab rendahnya tingkat keberpengaruhan kemampuan tata bahasa terhadap kemampuan berbicara dianalisis dengan angket yang dibagikan kepada 17 responden yang nilai berbicaranya tidak lebih tinggi daripada nilai tata bahasanya. Hasilnya faktor penyebabnya antara lain adalah Mahasiswa tidak mengulang kembali tata bahasa yang telah diajarkan, Kurang latihan berbicara dan tidak ada kebiasaan berbicara bahasa Jepang , serta Mahasiswa takut salah dalam berbicara bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Tata Bahasa, Berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 07:31
Last Modified: 12 Nov 2015 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item View Item