KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TABA DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA KELAS-VIII

Anis Maulida , 4101411058 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TABA DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA KELAS-VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3055Kb)

    Abstract

    Kemampuan berpikir kreatif dan karakter siswa jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Inovasi pembelajaran diperlukan untuk mendukung perkembangan berpikir kreatif dan karakter siswa. Pembelajaran matematika model Taba menekankan siswa how to think, siswa dibiasakan untuk membangun pemahamannya sendiri. Selain model pembelajaran, strategi pembelajaran juga diperlukan untuk perkembangan berpikir kreatif siswa. Dalam penelitian ini, digunakan strategi Concept Mapping, strategi tersebut merupakan media pembelajaran yang menjembatani siswa dalam menguasai materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika model Taba dengan strategi Concept Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan untuk mengetahui karakter siswa yang muncul dalam pembelajaran matematika model Taba dengan strategi Concept Mapping Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilih siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran matematika model Taba dengan strategi Concept Mapping dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Research. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa pembelajaran model Taba dengan strategi Concept Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis. Karakter siswa yang diharapkan muncul adalah tanggung jawab, kerja sama, kreatif, dan percaya diri. Hasil analisis keempat karakter tersebut rata-rata sudah berada pada kalsifikasi mulai terlihat (MT) sampai menjadi kebiasaan (MK). Berdasarkan hasil analisis, selain keempat karakter tersebut terdapat karakter yang tidak diduga muncul sebelumnya yaitu munculnya karakter kerja keras dan karakter rasa ingin tahu. Hasil penelitian ini memberikan saran antara lain (1) pembentukan kelompok diskusi sebaiknya pada pembelajaran sebelumnya dan siswa menempatkan diri berdekatan dengan kelompok masing-masing karena pembentukan kelompok diskusi ditengah pembelajaran dapat mengganggu fokus siswa dan terdapat waktu yang terbuang untuk diskusi; (2) guru memperhatikan faktor situasi dan kondisi siswa dalam pemberian angket respon siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Taba, Concept Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif, Karakter
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 02:31
    Last Modified: 12 Nov 2015 02:31

    Actions (login required)

    View Item