EFEKTIVITAS PERMAINAN KATA BERKAIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA SISWA MAN 1 MAGELANG

Anggi Mutiara Saraswati, 2302410047 (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN KATA BERKAIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA SISWA MAN 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2459Kb)

    Abstract

    Kosakata merupakan salah satu aspek penting dalam bahasa. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, maka akan semakin mudah untuk mempelajari bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Jepang di MAN 1 Magelang, penguasaan kosakata siswa masih kurang, karena teknik pembelajaran kosakata yang digunakan kurang bervariasi, sehingga motivasi siswa dalam mengingat juga kurang, dan kosakata yang sudah diajarkan sebelumnya sudah lupa. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan teknik pembelajaran kosakata yang tepat. Salah satu permainan sebagai teknik pembelajaran kosakata yang dapat digunakan adalah permainan „Kata Berkait‟. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan „Kata Berkait‟ untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosakata siswa MAN 1 Magelang dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari permainan „Kata Berkait‟. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Bahasa MAN 1 Magelang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Bahasa 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang. Sampel dipilih dengan teknik total sampling (sampel total). Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t test, diperoleh t hitung = 2,139. Nilai t tabel untuk N = 49 dan derajat kebebasan (db) N-2 = 47 adalah 2,01 (5%) dan 2,68 (1%), jadi karena nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (pada taraf signifikansi 5%), maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu “Permainan „Kata Berkait‟ memiliki efektivitas dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang siswa kelas XII Bahasa MAN 1 Magelang” dapat diterima. Selain itu, berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa kelebihan dari permainan „Kata Berkait‟ adalah dapat menjadi semacam tutor sebaya saat diskusi di dalam kelompok, dapat melatih siswa untuk berfikir cepat dan tepat, dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengingat kosakata agar bisa mendapatkan kosakata terbanyak. Sedangkan kekurangan dari permainan „Kata Berkait‟ adalah bagi kelompok yang semua anggota termasuk siswa yang kemampuannya menengah kebawah maka akan kesulitan dalam menentukan kosakata, dan bagi siswa atau kelompok yang kemampuan hurufnya kurang juga berpengaruh dalam kecepatan menulis kosakata, sehingga kosakata yang didapat dalam waktu yang sudah ditentukan hanya sedikit.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: permainan kata berkait, kosakata
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 01:56
    Last Modified: 12 Nov 2015 01:56

    Actions (login required)

    View Item