PENGEMBANGAN PERMAINAN FUN TARGET BALL UNTUK PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2015


Sulistiyani Mayasari, 6101411063 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN FUN TARGET BALL UNTUK PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411063-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pendidikan jasmani tidak hanya diperuntukkan bagi anak normal saja namun anak berkebutuhan khusus pun berhak mendapatkan pendidikan jasmani. Tetapi pada kenyataan di sekolahan proses pembelajaran jasmani belum terlaksana dengan maksimal. Untuk lebih aktif dan merasa menyenangkan dalam belajar khususnya pada pembelajaran permainan bola kecil maka perlu modifikasi dan inovasi dalam pembelajaran materi bola kecil. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Permainan Fun Target Ball untuk Pembelajaran Permainan Bola Kecil pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Widya Bhakti Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil permainan permainan Fun Target Ball untuk Pembelajaran Permainan Bola Kecil pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Widya Bhakti Semarang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) adanya potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk, (4) validasi desain, menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama luar biasa, (5) perbaikan desain revisi produk pertama, (6) uji coba skala kecil (6 siswa), (7) revisi produk, (8) uji coba skala besar (10 siswa), (9) revisi produk akhir, (10) pembuatan produk masal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, hasil pengamatan siswa dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data uji coba skala kecil diperoleh presentase 80,4% (Baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentase 87,9%. Hasil penelitian uji coba skala besar diperoleh persentase 86,5% (Baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentas 91,7% (Sangat Baik). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka fun target ball ini telah memenuhi kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembangan model fun target ball dalam penjasorkes pada siswa SMPLB Widya Bhakti Semarang dapat digunakan. Saran dari peneliti yaitu (1) bagi guru sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran, (2) bagi siswa sebagai inovasi permainan bocce agar tidak timbul rasa kebosanan dan kejenuhan, serta siswa lebih mengeksplor gerak saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Bola Kecil, Fun Target Ball, Disable
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:42
Last Modified: 12 Nov 2015 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21513

Actions (login required)

View Item View Item