PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN CROSS VOLLEY BALL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETANON SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014

Agung Priyono, 6101411118 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN CROSS VOLLEY BALL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETANON SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1964Kb)

    Abstract

    Latar belakang dalam penelitian ini adalah pembelajaran permainan bola voli bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Ketanon Sragi Kabupaten Pekalongan dalam pelaksanaannya masih menghadapi kendala, sehingga tidak dapat dilaksanakan sesuai standar permainan bola voli. Dari hasil observasi awal dilapangan peneliti menemukan masalah dalam pembelajaran penjasorkes sebagai berikut yaitu kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran permainan bola voli dan proses pembelajaran siswa dalam permainan bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana “Produk Hasil Pengembangan Model Pembelajaraan Penjasorkes Melalui Permainan Cross Volley Ball Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketanon Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun 2014 ?. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan Cross Volley Ball bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketanon Sragi Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 12 subyek uji coba, satu ahli penjas, dan dua ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengamatan dan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 26 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 84% (baik), ahli pembelajaran I 82,67% (baik), dan ahli pembelajaran II 80% (baik), uji coba kelompok kecil 82 % (baik), dan uji coba lapangan 86% (baik). Dari data yang dihasilkan dari uji skala kecil dan uji lapangan mengalami kenaikan dengan selisih 4%. maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bola voli Cross Volley Ball ini dapat digunakan pada pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketanon Sragi Kabupaten Pekalongan. Saran bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar dapat menggunakan produk model permainan bola voli Cross Volley Ball sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bola voli, Cross Volley Ball.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 01:27
    Last Modified: 12 Nov 2015 01:27

    Actions (login required)

    View Item