UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN TIGA GAWANG PADA SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN ASSALAAM KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2015


Toufan Wahyu Pradana, 6101411119 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN TIGA GAWANG PADA SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN ASSALAAM KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411119-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sepak bola di MTs Assalaam Pondok Modern Assalaam Temanggung masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar di kelas VIII A MTs Pndok Moderen Assalaam Temanggung yaitu sebesar 35,71%. Hali itu menunjukan bahwa lebih dari separuh siswa kelas VIII A belum memenuhi ketuntasan belajar keterampilan sepak bola yang telah ditetapkan. Pengajaran yang dilakukan guru masih konvensional sehingga kurang adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sepak bola di kelas VIII A MTs Pondok Modern Assalaam Temanggung dengan menggunakan permainan sepak bola tiga gawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa. Teknik Pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, metode evaluasi atau tes serta dokumentasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sepak bola kelas VIII A MTs Pondok Modern Assalaam temanggung dengan permainan sepak bola tiga gawang meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu ketuntasan belajar dari 57,14% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Nilai rata-rata keterampilan sepak bola juga meningkat yaitu 7,27 pada siklus I menjadi 8,01 pada siklus II. Data tersebut menunjukan peningkatan ketrampilan sepak bola dari pra siklus sampai dengan siklus dua. Saran yang dapat disampaikan sehubung dengan hasil penelitian ini adalah bagi guru pendidikan jasmani di sekolah Madrasah Tsanawiyah dapat menggunakan alternatif melalui permaian sepak bola tiga gawang. Bagi siswa, setelah mengikuti pembelajaran sepak bola melalui permainan sepak bola tiga gawang diharapkan siswa lebih berminat dan senang dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sepak bola, permainan sepak bola tiga gawang, keterampilan sepak bola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:24
Last Modified: 12 Nov 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21508

Actions (login required)

View Item View Item