PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GATHER BALL DALAM PEMBELAJARAN RENANG UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Nabella Faradilla NN, 6101411128 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GATHER BALL DALAM PEMBELAJARAN RENANG UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411128-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana. Pengembangan model permainan Gather ball dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas VII SMP N 2 Ambarawa Kaupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan model permainan Gather ball dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas VII SMP N 2 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; 1)melakukananalisis kebutuhan yang akandikembangkan yang didapat darihasil kajianpustaka, observasi dan wawancara 2)mengembangkan draf produk awal, 3) validasi ahli (satu ahli Renang dan satu ahli pembelajaran penjasorkes SMP), 4) perbaikan draf produk awal, 5) uji coba skala kecil(20 siswa), 6)revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil 7)uji coba lapangan (32siswa/satu kelas), 8)revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, 9)hasil akhir berupa produk ”model permainan Gather ball dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas VII SMP N 2 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015”. Dari penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli Renang88,89%, ahli pembelajaran penjasorkes 91,30%, rata-rata persentase sebesar 90,09% sehingga memenuhi kriteria “sangat baik”. Sedangkan data uji coba skala kecil didapat persentase 81,06%dan uji coba lapangan 86,37%,memenuhi kriteria “baik”. Sehingga dari data tersebut “Pengembangan model permainan gather ball dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas VII sekolah menengah pertama”. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa “model permainan Gather ball dalam pembelajaran renang dapat digunakan sebagai pengembangan model permainan Gather ball dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas VII SMP N 2 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015”.Saran bagi guru penjasorkes dapat menggunakan media pembelajaran ini di sekolah sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran Renang, serta dapat mengembangkan model pembelajaran ini dengan materi yang berbeda-beda dalam ruang lingkup penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Renang, Pengenalan air, dan “Gather Ball
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:20
Last Modified: 12 Nov 2015 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item