PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR MELALUI GOSIBOL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SANETAN KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015


RUSMA AYUNINGTYAS, 6101411133 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR MELALUI GOSIBOL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SANETAN KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411133-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan observasi latar belakang penelitian ini yaitu: 1) Produk permainan gosibol belum ada 2) Di sekolah guru belum pernah memberikan permainan yang dimodifikasi, 3) Ada peluang untuk mengembangkan model pembelajaran karena mempunyai lapangan dan alat pembelajaran penjas yang tersedia di sekolah. Sesuai latar belakang rumusan masalah yaitu : Bagaimana pengembangan permainan gosibol bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sanetan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang tahun 2015?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan gosibol bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sanetan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan dari sugiyono. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu: 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Pembuatan Produk Masal. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran dan perbaikan produk dari ahli pembelajaran penjasorkes dan hasil kuesioner dan perbaikan produk dari ahli penjasorkes dan ahli pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengetahui pendapat ahli tentang produk dan hasil kuesioner siswa tentang respon permainan Gosibol. Berdasarkan hasil penelitian bentuk permainan gosibol masuk dalam kategori penilaian baik. Karena didapat rata-rata dari ahli penjasorkes 82.67% (baik) dan ahli pembelajaran didapat 86.33% (baik). Hasil produk uji coba I kelompok kecil aspek kognitif 86.84% (baik), aspek afektif 81.67% (baik), aspek psikomotor 80.42% (baik), rata-rata uji coba I 81,33% (baik). hasil uji coba II kelompok besar dalam aspek kognitif 95% (sangat baik) aspek afektif 83.00% (baik) aspek psikomotor 86% (baik), rata-rata uji coba II 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut permainan gosibol layak digunakan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sanetan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Saran yang dapat disampaikan yaitu penggunaan permainan gosibol dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran penjasorkes khususnya permainan tradisional gobak sodor bagi siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Gobak Sodor, Gosibol
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:12
Last Modified: 12 Nov 2015 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item View Item