PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN VOLIBOX DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 24 SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Muh. Fatkhun Nur Rohman, 6101411162 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN VOLIBOX DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 24 SEMARANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411162-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneliti adalah pembelajaran bola voli di SMP Negeri 24 Semarang menggunakan permainan bola voli tanpa dimodifikasi. Ketika bermain permainan bola voli masih banyak siswa yang kesulitan dalam memainkannya. Ketika melakukan servis masih banyak siswa yang tidak melewati net, kesulitan untuk melakukan passing dan siswa banyak yang belum paham tentang posisi dan rotasi pemain dalam permainan bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pengembangan model pembelajaran bola voli melalui permainan volibox pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 24 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran bola voli melalui permainan volibox pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 24 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah proses pengembangan dari (Borg & Gall dalam Punaji Setyosari, 2010:194-195) yaitu terdiri atas kajian tentang temuan penelitian produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk berdasarkan temuan-temuan tersebut, melakukan uji coba lapangan sesuai dengan latar dimana produk tersebut akan dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji lapangan. Kemudian langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan volibox), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan dua ahli penjas SMP Negeri 24 semarang, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (14 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (24 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir permainan volibox bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 80,8% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 90,8% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 91,1% (sangat baik). Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan volibox dalam pembelajaran bola voli dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah pertama dapat menggunakan produk pengembangan model permainan volibox dalam pembelajaran bola voli sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, volibox, bola voli
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:05
Last Modified: 12 Nov 2015 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21502

Actions (login required)

View Item View Item