EFEKTIVITAS METODE AUDIOLINGUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 UNGARAN
Evi Nur Fuadah, 2302410040 (2014) EFEKTIVITAS METODE AUDIOLINGUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahasa sebagai alat komunikasi.Komunikasi tersebut dapat berwujud secara langsung (lisan) maupun tidak langsung (tulisan). Kegiatan berkomunikasi melibatkan empat ketrampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat ketrampilan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis dengan melakukan observasi dan wawancara pada siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang. Hal ini disebabkan karena siswa hanya memperhatikan penjelasan pengajar dan mencatat apa yang tertulis pada slide power point. Tetapi frekuensi latihannya kurang sehingga siswa masih membuka catatan-catatan untuk melaksanakan latihan. Penggunaan metode tersebut memang dapat menyampaikan inti dari pembelajaran yang disampaikan, namun penggunaan metode tersebut menyebabkan guru lebih aktif dibandingkan siswa. Permasalahan pada pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ungaran adalah kurangnya latihan, maka perlu perubahan metode pengajaran yang lebih banyak latihan dan lebih mengutamakan keaktifan siswa yaitu metode Audiolingual. Metode Audiolingual diharapkan dapat meningkatkan penguasaan bahasa Jepang serta keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang. Dalam metode Audiolingual lebih memperhatikan latihan yang berulang-ulang. Pengulanganpengulangan yang dilakukan lama-kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Audiolingual efektif atau tidak dalam pembelajaran bahasa Jepang serta pendapat siswa terhadap penerapan metode Audiolingual di SMA Negeri 1 Ungaran. Pengambilan sampel dalam populasi menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan non tes (observasi, wawancara dan dokumentasi). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh 5,46 untuk t-tabel adalah 2,00dengan taraf kesalahan 5%. Karena thitung lebih besar daripada ttabel maka disimpulkan bahwa metode Audiolingual efektifuntuk pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ungaran. Kemudian dari hasil wawancara sebagian besar responden mengatakan bahwa metode Audiolingual cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ungaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, metode Audiolingual, bahasa jepang, SMA Negeri 1 Ungaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | nur fatihah unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 06:06 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 06:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21501 |
Actions (login required)
View Item |