PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWAKELAS IV SDN PLALANGAN 04 SEMARANG


FAHMI RIA UTARI, 1401411188 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWAKELAS IV SDN PLALANGAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411188-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antar warga Negara dan Negara serta pendidikan pendahuluan bela Negara menjadi warga Negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara. Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN04Plalangan, Kota Semarang (2)meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas IV SDN04Plalangan, Kota Semarang (3) mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa dalampenerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan media crossword puzzle.Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapandiantaranya: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahaprefleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN04Plalangan, Kota Semarang dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswaperempuan. Keterampilan guru pada siklus I jumlah skor 28 dengan kategori baik, keterampilan guru pada siklus II jumlah skor 34 dengan kategori sangat baik dan keterampilan guru pada siklus III jumlah skor 37 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa padasiklus I termasuk dalam kategori baik, aktivitas siswa padasiklus II termasuk dalam kategori baik, dan aktivitas siswa padasiklus III termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajarsiswa adalah sebesar 66 dan ketuntasan klasikal sebesar 64,5%, hasil penelitian pada siklus II,nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 69 dan ketuntasan klasikal 77%, hasil penelitian siklus III, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 71 dan ketuntasan klasikal sebesar 81%. Simpulan bahwa penerapan model group investigation dengan media crossword puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pembelajaran PKn kelas IV SDN Plalangan 04 Semarang.Saran yang dapat diberikan, dalam proses pembelajaran terdapat pembentukan kelompok yang membutuhkan kemampuan guru untuk membentuk kelompok secara heterogen. Guru sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya mulai dari kesiapan diri, kesiapan siswa, media, ruang belajar agar hasil belajar lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation; Crossword Puzzle; Hasil dan Aktivitas Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 05:30
Last Modified: 12 Nov 2015 05:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item