ANALISIS KESULITAN GURU BAHASA JEPANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013


Syah Bania Puji Rahayu, 2302410021 (2015) ANALISIS KESULITAN GURU BAHASA JEPANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302410021-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan salah satu sistem pendidikan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah adalah bagian dari rancangan yang dibuat oleh pemerintah di bidang pendidikan dengan landasan operasionalnya adalah kurikulum. Kurikulum yang digunakan saat ini di Indonesia adalah Kurikulum 2013. Sebelum menerapkan Kurikulum 2013, sistem pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).Mulai tahun ajaran 2014/2015 SMA sedejarat di kota Semarang dihimbau agar menggunakan Kurikulum 2013. Ada tujuh perbedaan antara KTSP dan Kurikulum 2013 di tingkat SMA sederajat. Perubahan kurikulum dengan waktu yang singkat dan adanya perbedaan antara KTSP dengan Kurikulum 2013 membuat guru sedikit banyak mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan diketahui kesulitan apa saja yang dialami guru bahasa Jepang di kota Semarang dalam implementasi kurikulum 2013.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah dan guru yang telah menerapkan kurikulum 2013, sehingga dapat menerapkannya dengan maksimal sesuai dengan pedoman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang diteliti adalah guru bahasa Jepang SMA sederajat di kota Semarang yang mengimplementansikan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan pembahasan dan interpretasi data diketahui kesulitan guru bahasa Jepang dalam implementasi kurikulum 2013 yang paling menonjol adalah aspek proses pembelajaran dalam kegiatan inti, dengan persentase 65%. Selain itu ada beberapa hal yang masih menjadi kendala guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, yaitu (1) menentukan materi belajar siswa di kelas(2) membuat RPP sesuai dengan kurikulum 2013; (3) menerapkan sistem pembelajaran langsung; (4) menerapkan pembelajaran tidak langsung; (5) menerapkan sistem penilaian sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan, guru bahasa Jepang, implementasi kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 05:18
Last Modified: 12 Nov 2015 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21494

Actions (login required)

View Item View Item