Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009.

Bagus Fitrayana , 6101404020 (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 22 guru. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner semi terbuka, wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009 termasuk dalam kategori baik hal ini di tunjukan dengan tingkat pemahaman yang baik oleh guru mengenai KTSP berkaitan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dengan bobot prosentase 82.95% guru telah melakukan perencanaan pembelajaran dengan baik, 80.60% guru melakukan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan baik, dan 87.66% guru melakukan evaluasi hasil pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Atas Negeri se- Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009 termasuk dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dari hasil penelitian guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan baik. Oleh karena itu penulis menyarankan agar; (1) Guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan agar lebih meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan. (2) Bagi mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan agar memperoleh hasil penelitian yang lebih luas dan dalam, serta dapat dipercaya kebenarannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 04 May 2011 21:50
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:42

    Actions (login required)

    View Item