KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA


Indah Larasati , 1401411184 (2015) KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411184-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar. IPA mengajarkan siswa untuk menemukan konsep dengan melalui proses terlebih dahulu. Dengan adanya proses yang dijalani selama penemuan, siswa dilatih untuk berpikir kritis, berpendapat, bekerja sama, serta menghargai orang lain. Secara tidak langsung IPA akan melatih dan membangun karakter siswa. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di sekolah dasar hendaknya berjalan dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi berhasilnya suatu pembelajaran, salah satunya yaitu pemilihan metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah suatu teknik yang dipilih dan digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang cocok diterapkan pada pelajaran IPA yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen melatih siswa untuk mempelajari IPA secara konsep yang berdasarkan fakta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran eksperimen dibandingkan dengan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V. Populasi dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas VA dan 21 siswa kelas VB SDN 1 Prigi Kabupaten Banjarnegara. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,648 dan ttabel sebesar 2,020 (thitung > ttabel) maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V antara yang menggunakan metode eksperimen dan yang menggunakan metode demonstrasi. Sementara hasil uji keefektifan menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,588 dan ttabel sebesar 2,086 (thitung > ttabel), maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Berdasarkan penghitungan tersebut, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V yang menggunakan metode eksperimen lebih baik dari pada yang menggunakan metode demonstrasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode eksperimen efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode eksperimen, hasil belajar, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:57
Last Modified: 12 Nov 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item