PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DAERAH BINAAN III KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Ema Putri Ristiani, 1401411183 (2015) PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DAERAH BINAAN III KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411183-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterlibatan orangtua terhadap belajar anaknya merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua demi keberhasilan belajar anaknya. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain oleh keterlibatan orangtua terhadap belajar anaknya. Perbedaan keterlibatan orangtua dalam belajar anaknya dapat mengakibatkan prestasi belajar yang berbeda pada diri anaknya, seperti halnya keterlibatan orangtua dalam belajar siswa kelas V SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, dan (2) seberapa besar pengaruh keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se- Daerah Binaan III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang berjumlah 345 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa yang ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dan rumus Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu keterlibatan orangtua, sedangkan variabel dependennya yaitu prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data keterlibatan orangtua, dan dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas menggunakan metode One Sample Kolmogorov-Smirnov dan setelah diuji ternyata berdistribusi normal, sehingga dilanjutkan uji linieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa, (2) hasil R sebesar 0,616 yang artinya terjadi hubungan yang positif dan kuat antara keterlibatan orangtua dan prestasi belajar siswa, (3) koefisien determinasi (R2) 0,379 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 37,9%. Hal ini menunjukkan bahwa 37,9% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh keterlibatan orangtua, sedangkan 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua; prestasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:49
Last Modified: 12 Nov 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item