KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL


Dessy Dwiningrum, 1401411181 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411181-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang optimal pada pembelajaran bahasa Indonesia. Model pembelajaran mind mapping dapat menjadi salah satu alternatif agar aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi optimal. Pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dapat memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk peta pikir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan model mind mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 dan 5 Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 55 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan uji independent sample t test dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penghitungan data aktivitas belajar siswa menggunakan uji independent samples t test menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,073 > 2,006) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,033 < 0,05). Selanjutnya hasil uji independent samples t test pada hasil belajar siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,633 > 2,006) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,011<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi antara yang menerapkan model pembelajaran mind mapping dan yang menerapkan model konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) dilakukan setelah mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pengujian hipotesis kedua menggunakan uji one sample t test dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (4,438 > 2,060) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Selanjutnya pada data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (4,091 > 2,060) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan data tersebut dapat dibuktikkan bahwa aktivitas dan asil belajar siswa pada materi menulis puisi yang menerapkan model pembelajaran mind mapping lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar, Menulis Puisi, Model Mind Mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:42
Last Modified: 12 Nov 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item