PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG


EVI SEPTIANAWATI, 1401411179 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411179-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran belum berjalan secara optimal, karena guru belum memanfaatkan siswa yang pandai agar dapat mengajari siswa yang kurang pandai, siswa cenderung menggerombol dengan teman akrabnya sehingga tidak bisa bekerjasama secara sungguh-sungguh dengan teman lainnya, guru belum pernah menggunakan media CD Interaktif ketika pembelajaran sehingga dalam menyampaikan materi kurang menarik perhatian siswa, dan iklim pembelajaran kurang kondusif karena masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berdasarkan data prasiklus menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa (52,6%) dari 38 siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 65. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Patemon 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas media pembelajaran, dan hasil belajar siswa) IPA kelas IV SDN Patemon 01 Semarang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dengan media CD Interaktif. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Patemon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan guru setiap siklus berturut-turut sebesar 24,5 (baik); 30 (baik); 37,5 (sangat baik). Perolehan skor aktivitas siswa setiap siklus berturut-turut sebesar 24,95 (baik); 29,75 (baik); 31,7 (sangat baik). Perolehan skor iklim pembelajaran setiap siklus berturut-turut sebesar 19 (baik); 20 (baik); 24 (sangat baik). Perolehan skor kualitas media pembelajaran setiap siklus berturut-turut sebesar 18 (baik); 20 (baik); 27,5 (sangat baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar aspek pengetahuan setiap siklus berturut-turut sebesar 71,05%; 73,68%; 94,74%. Simpulan penelitian adalah model Numbered Head Together (NHT) dengan media CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas media pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Patemon 01 Semarang. Saran bagi guru agar melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dengan media CD Interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, Kualitas Pembelajaran IPA, Numbered Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:21
Last Modified: 12 Nov 2015 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item