PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOTARTOIN DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN 4 KARANGJATI BLORA TAHUN 2015


Lisa Tri Indah Wati, 6101411174 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOTARTOIN DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN 4 KARANGJATI BLORA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411174-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sarana dan prasarana serta pembelajaran sepak bola belum dikemas dalam bentuk modifikasi, adanya perbedaan keterampilan antar siswa sehingga dijumpai siswa merasa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan permainan botartoin dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana serta membentuk modifikasi permainan sepak bola pada siswa kelas IV dan V SDN 4 Karangjati Blora Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan botartoin untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dan membentuk modifikasi yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV dan V SDN 4 Karangjati Blora dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall yaitu : (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan botartoin), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu uji ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah dasar, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (16 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir permainan botartoin bagi siswa kelas IV dan V yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Hasil validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 88% (baik). Hasil kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase 93% (sangat baik). Dari hasil validasi ahli pada uji coba lapangan didapat persentase 93% (sangat baik). Hasil kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase 96% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan model permainan botartoin ini dapat digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran penjasorkes disekolah siswa kelas IV dan V SDN 4 Karangjati Blora. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan botartoin sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, sepakbola, botartoin
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:20
Last Modified: 12 Nov 2015 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item View Item