MODEL PERMAINAN TRADISIONAL HOKCUNGPIT DALAM PEMBELAJARAN HOKI PADA SISWA KELAS X SMK VISI INDONESIA KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Riyadi Aji Nugroho, 6101411204 (2015) MODEL PERMAINAN TRADISIONAL HOKCUNGPIT DALAM PEMBELAJARAN HOKI PADA SISWA KELAS X SMK VISI INDONESIA KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411204-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneliti berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran Hoki di SMK Visi Media Indonesia belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan sarana dan prasarana yang belum lengkap, guru belum memodifikasi alat pembelajaran khususnya Hoki dan kesulitan anak untuk mengerti tentang teknik yang ada di dalam Hoki. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model permainan tradisional Hokcungpit dalam pembelajaran Hoki pada siswa kelas X SMK Visi Media Indonesia Semarang”. Sedangkan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Model permainan tradisional Hokcungpit pada siswa kelas X SMK Visi Media Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah yaitu, (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi dan wawancara, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan satu ahli pembelajaran penjasorkes SMK Visi Media Indonesia semarang, (4) uji coba skala kecil (10 siswa), (5) revisi produk pertama, (5) uji coba skala besar (21 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner bagi siswa, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara dengan guru Penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Dari hasil uji coba Skala kecil diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli permainan 82,66 (baik), ahli pembelajaran penjasorkes 78,6 (baik) Hasil pada uji coba skala kecil aspek psikomotor 81,25% (baik), kognitif 85,6% (baik), afektif 87,50% (baik) dari hasil rata-rata keseluruhan pada uji coba kelompok kecil 84,78% (baik). Dari hasil uji coba lapangan diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli permainan 85,3% (baik), ahli pembelajaran penjasorkes 90,6% (sangat baik), dari hasil uji coba lapangan aspek psikomotor 85,6% (baik), aspek kognitif 90,94% (sangat baik), aspek afektif 87,71% (sangat baik), hasil rata-rata coba skala besar 88,08% (sangat baik). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa model permainan tradisonal hokcungpit dalam pembelajaran hoki dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas X SMK Visi Media Indonesia Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah kejuruan dapat menggunakan produk pengembangan hokcungpit pada pembelajaran hoki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, hoki, hokcungpit
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:16
Last Modified: 12 Nov 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item