PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG


RIRIN INDRAYANTI, 1401411178 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411178-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SDN Tugurejo 01 Kota Semarang ditemukan permasalahan pada pembelajaran PKn. Guru lebih mendominasi dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Guru belum mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari. Guru kurang menggunakan media yang inovatif sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran PKn. Guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran PKn, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran PKn. Siswa lebih banyak hanya mendengarkan materi, sehingga kemampuan mengingat materi pada pembelajaran PKn kurang optimal. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurang fokus, dan mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.Hasil belajar siswa rendah, ketuntasan klasikal 40%. Solusi permasalahan ini dengan menerapkan model Role Playing berbantuan media boneka tangan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Role Playing berbantuan media boneka tangan pada siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam tiga siklus,setiap siklus 1 kali pertemuan, terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang berjumlah 40 siswa. Jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya: (1) keterampilan guru siklus I skor 22 kriteria baik, siklus II skor 26 kriteria baik, siklus III skor 33 kriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa siklus I skor 18,8 kriteria baik, siklus II skor 23,3 kriteria baik, siklus III 29,5 kriteria sangat baik. (3) hasil ketuntasan belajar siswa siklus I 52,5 %, siklus II 72,2 %, siklus III 86,5%. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Role Playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. Saran bagi guru untuk lebih inovatif mengembangkan model dan lebih kreatif dalam menggunakan media seperti menggunakan model Role Playing berbantuan media boneka tangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: boneka tangan; kualitas; pembelajaran; PKn; Role Playing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:16
Last Modified: 12 Nov 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item