PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA KWARTET GAWANG MULTI POIN PADA SISWA KELAS V dan VI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNA GRAHITA PURWOSARI KUDUS TAHUN 2015


Nurul Juniadi, 6101411206 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA KWARTET GAWANG MULTI POIN PADA SISWA KELAS V dan VI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNA GRAHITA PURWOSARI KUDUS TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411206-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran Sepakboladi Sekolah Dasar Luar Biasa TunagrahitaPurwosari Kudus belum terlaksana dengan maksimal, kurangnya guru dalam memberikan materi pembelajaran olahraga serta belum adanya kreatifitas guru dalam memodifikasi pembelajaran khususnya Sepakbola dan kesulitan anak tunagrahita untuk mengerti tentang teknik yang ada di dalam Sepakbola. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimana pengembangan model pembelajaran Sepakbola Kwartet Gawang Multi Poin pada siswa kelas V dan VIsekolah dasar luar biasa tunagrahita Purwosari Kudus 2015 dilihat dari segi kognitif, afektif dan psikomotor mampu memberikan dorongan dan semangat dalam pembelajaran penjasorkes untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa TunagrahitaPurwosari Kudus”.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Kwartet Gawang Multi Poinpada siswa kelas V dan VISekolah Dasar Luar Biasa TunagrahitaPurwosari Kudus 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; (1)melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan Sepakbola kwartet gawang multi poin), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah dasar luar biasa khusus tunagrahita, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis,(4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan Sepakbola kwartet gawang multi poinbagi siswa kelas V dan VIyang dihasilkan melalui revisi uji coba skala besar. Berdasarkan hasil penelitian uji coba skala kecil diperoleh persentase 84,7% (baik), dari evaluasi ahli diperoleh persentase sebesar 92,50% (sangat baik). Hasil penelitian uji coba skala besar diperoleh persentase 87,6% (baik). Dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar terdapat peningkatan dengan selisih 2,9%. Berdasarkan hasil penelitian produk tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan sepakbola kwartet gawang multi poinini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes khususnya permainan Sepakbola bagi siswa kelas V dan VISekolah Dasar Luar Biasa TunagrahitaPurwosari Kudus. Saran bagi guru penjasorkes Sekolah Dasar Luar Biasa TunagrahitaPurwosari Kudus dapat menggunakan permainan Sepakbola Kwartet Gawang Multi Poinsaat pembelajaran Sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sepakbola,sepakbola Kwartet Gawang Multi Poin, Difable
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:13
Last Modified: 12 Nov 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item View Item