PENGEMBANGAN MODEL MEDIA SMART CARD UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET SISWA KELAS IV SDIT PERMATA HATI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014


Nur’aeni Linda Pratiwi, 6101411223 (2015) PENGEMBANGAN MODEL MEDIA SMART CARD UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET SISWA KELAS IV SDIT PERMATA HATI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411223-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran bolabasket di SDIT Permata Hati belum berjalan dengan baik karena kurangnya cara pembelajaran dengan menggunakan metode baru, sehingga pembelajaran kurang variatif dan kurang menarik dan permainan belum dikemas dalam bentuk modifikasi yang membuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengembangan Model Media Smart Card Untuk Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Kelas IV SDIT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produk Pengembangan Model Media Smart Card Untuk Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Kelas IV SDIT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu: (1) Melakukan analisis produk dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa model media Smart Card Bolabasket), (3) Uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli bolabasket dan satu ahli pembelajaran penjasorkes serta uji coba I, (4) Revisi produk pertama. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) Uji coba II, (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) Hasil akhir model media Smart Card untuk pembelajaran bolabasket bagi siswa kelas IV SDIT Permata Hati. Hasil penelitian pada uji coba I diperoleh persentase 85,3% yaitu masuk dalam kategori baik, dan hasil penelitian pada ujicoba II diperoleh persentase 87,7% yaitu masuk dalam kategori baik, karena siswa bisa melakukan tiga aspek tersebut sehingga layak untuk digunakan. Jadi dapat disimpulkan dari uji coba I dan uji coba II terdapat peningkatan dengan selisih 2,44%. Berdasarkan hasil penelitian produk tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model media Smart Card untuk pembelajaran bolabasket ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran penjasorkes khususnya pada permainan bolabasket bagi siswa kelas IV SDIT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Saran bagi guru penjasorkes SDIT Permata Hati dapat menggunakan model media Smart Card pada saat pembelajaran bolabasket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bolabasket, Media Smart Card.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:10
Last Modified: 12 Nov 2015 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item