PENERAPAN MODEL TERPADU TIME TOKEN ARENDS DAN STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG


Dzurriyyatun Naimah , 1401411175 (2015) PENERAPAN MODEL TERPADU TIME TOKEN ARENDS DAN STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411175-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Data awal yang didapatkan peneliti menunjukkan bahwa kulitas pembelajaran IPS pada kelas V semester I masih rendah. Hal ini disebabkan oleh keterampilan guru belum optimal, aktivitas siswa masih pasif, dan hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V tersebut dengan penerapan model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media audio-visual. Rumusan masalah penelitian: Bagaimanakah penerapan model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media audio-visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SDN Tambakaji 02 Semarang? Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Tambakaji 2 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 siswa dan guru kelas V SDN Tambakaji Kota Semarang. Variabel penelitian meliputi penerapan model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media Audio-visual dan kualitas pembelajaran IPS. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Keterampilan guru dalam pembelajaran IPS menggunakan model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media audio-visual siklus I memperoleh rata-rata skor yaitu 34 kategori baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 38 kategori sangat baik, meningkat pada siklus III rata-rata skor 41 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 22,16 kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 28,5 kategori baik. Pada siklus III aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 35,7 kategori baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 57,6% ,sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 75,75%, kemudian pada siklus III ketuntasan belajar mencapai 85,3%. Hasil belajar afektif pada siklus I memperoleh rata-rata skor 6,05 kategori cukup, kemudian meningkat menjadi 9 kategori baik pada siklus II, dan memperoleh rata-rata skor 13,7 kategori sangat baik pada siklus III. Hasil belajar psikomotorik siklus I memperoleh rata-rata skor 4,2 kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 7,9 kategori baik, dan pada siklus III mencapai 9,72 kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Tambakaji 02 Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menerapkan model terpadu Time Token Arends dan STAD berbantuan media audio-visual pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Time Token Arends dan STAD, Audio-visual, Kualitas Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:11
Last Modified: 12 Nov 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item