PELAKSANAAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014


Bangkit Jiwo Nuswantoro, 6102410051 (2015) PELAKSANAAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102410051-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada setiap sekolah di kabupaten Temanggung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan tradisionaldalam pembelajaran penjasorkes pada masing-masing sekolah. Pendekatan penelitian dengan analisis deskriptif kualitatif,Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang akurat tentangproses pelaksanaan pembelajaraan permainan tradisional pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Temanggung.Lokasi dan sasaran penelitian guru penjasorkes sekolah dasar di Kabupaten Temanggung. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode uji validitas dan reliabelitas instrumen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian Pelaksanaanpermainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada sekolah dasar di kabupaten Temanggung Tahun 2014 sangat baik yaitu sebesar 84,27%, tepat untuk digunakan dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa disekolah dasar. Terbukti dari ketersedian waktu 74,22%, ketersediaan materi dan pembelajaran penjas sebesar 84,05% meliputi pembelajaran dan penguasaan materi 86,63%, sarana dan prasarana sekolah 78,78% dan kesesuaian kurikulum 85,47%, karakteristik permainan serta gerak yang dihasilkan sebesar 82,48% meliputi jenis permainan sebesar 83,94%, hasil gerak dan faktor resiko sebesar 84,59%, lokomotor sebesar 84,80%, non lokomotor sebesar 82,56%, manipulatif sebesar 81,98%, unsur-unsur penjas sebesar 87,28% meliputi kognitif sebesar 91,28%, afektif sebesar 97,67%, psikomotor sebesar 79,36%, jasmani sebesar 84,30%, motivasi sebesar 93,31% meliputi minat siswa 93,44%, motivasi guru 92,44%. Simpulan:pelaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada sekolah dasar di Kabupaten Temanggung sangat baik dan tepat untuk digunakan oleh siswa disekolah dasar. Saran: Bagi guru penjasorkes diharapkan lebih bisa mengembangkan pembelajaran permainan tradisional,Siswa diharapakan mampu melestarikan akan kecintaanya terhadap permainan tradisonal, bagi sekolah untuk selalu berpartisipasi dalam melestarikan kebudayaan bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Penjasorkes, Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:46
Last Modified: 12 Nov 2015 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item View Item