MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN KASTI HALRINT DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015


Ayu Gandhy Pratiwi, 6102411004 (2015) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN KASTI HALRINT DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran permainan kasti di sekolah dasar belum dikelola secara maksimal sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimana model pengembangan permainan kasti melalui permainan kasti dalam penjasorkes bagi siswa kelas IV sekolah dasar negeri 1 Wirasaba kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pengembangan permainan kasti melalui kasti HALRINT dalam penjasorkes bagi siswa sekolah dasar negeri 1 Wirasaba kecamatan Bukateja kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang akan dihasilkan, adapun prosedur atau langkah- langkahnya sebagai berikut: (1) Pembuatan produk awal; (2) revisi produk awal; (3) uji lapangan skala besar; (4) revisi produk akhir; (5) hasil akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan, kuesioner, lembar validasi ahli, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif berbentuk presentase. Sedangkan data yang berupa saran dan alasan jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian dari validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat presentase rata- rata sebesar 85,50% (baik). Hasil rata- rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat presentase sebesar 90% (baik). Dari hasil validasi ahli pada uji lapangan didapat presentase rata- rata sebesar 93% (sangat baik). Hasil rata- rata kuesioner siswa pada uji lapangan didapat presentase sebesar 92% (sangat baik). Simpulan dari pengembangan model permainan kasti melalui permainan kasti HALRINT dalam penjasorkes bagi siswa kelas IV sekolah dasar negeri 1 wirasaba kecamatan bukateja kabupaten purbalingga tahun 2015 memperoleh presentase rata- rata sebesar 93% dari validasi ahli penjas dan ahli pembelajaran sehingga produk ini termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. Saran bagi guru penjasorkes, produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya permainan kasti di SD Negeri 1 Wirasaba, SD negeri 1 Purbalingga lor, SD Negeri 2 Kemangkon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan, Permainan kasti, Kasti HALRINT.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:24
Last Modified: 12 Nov 2015 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item