PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW TEKNIK DASAR SEPAK SILA MENGGUNAKAN BOLSERKA PADA SISWA KELAS V DAN VI SD YAYASAN PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN KATOLIK SANTO LUKAS KOLAM DISTRIK MUTING KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA TAHUN 2015


Siswoyo Heri Kiswanto, 6102411032 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW TEKNIK DASAR SEPAK SILA MENGGUNAKAN BOLSERKA PADA SISWA KELAS V DAN VI SD YAYASAN PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN KATOLIK SANTO LUKAS KOLAM DISTRIK MUTING KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411032-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pendidikan jasmani tidak hanya diperuntukkan bagi anak sekolah yang ada di perkotaan saja dan tercukupi dengan sarana dan prasaran yang memadai namun setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang sama. Proses pembelajaran Sepak Takraw teknik dasar sepak sila SD YPPK Santo Lukas Kolam belum terlaksana dengan baik dikarenakan sarana prasarana yang tidak memadai, untuk meningkatkan keaktifan siswa tersebut maka dibutuhkan produk baru berupa pengembangan model pembelajaran sepak takraw. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk pengembangan model pembelajaran sepak takraw teknik dasar sepak sila dengan menggunakan bola serabut kelapa (B olserka) dalam penjasorkes pada siswa kelas V dan VI SD YPPK Santo Lukas Kolam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur yaitu (1) adanya potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk model pembelajaran, (4) validasi desain, menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, (5) perbaikan desain revisi produk pertama, (6) uji coba skala kecil (10 siswa) SD Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik Santo Lukas Kolam, (7) revisi produk, (8) uji coba skala besar (16 siswa) Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik Santo Lukas Kolam, (9) revisi produk akhir, (10) pembuatan produk model pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, hasil pengamatan siswa dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian diperoleh data uji coba skala kecil sebesar 89,33% (baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentase 86,66% (baik), uji coba skala besar diperoleh 91,33% (baik) serta hasil evaluasi ahli diperoleh persentas 92% (sangat baik). Disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran sepak takraw teknik dasar sepak sila menggunakan bolserka dalam penjasorkes pada siswa kelas V dan VI SD Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik Santo Lukas Kolam dapat digunakan. Saran (1) bagi guru sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran, (2) bagi siswa sebagai inovasi dalam permainan sepak takraw agar siswa lebih aktif dalam melakukan gerak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penjasorkes, Sepak Takraw, Sepak Sila (Bolserka)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:18
Last Modified: 12 Nov 2015 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item View Item