PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DABIN IV KECAMATAN KAJENKABUPATEN PEKALONGAN


Eri Agustin, 1401411174 (2015) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DABIN IV KECAMATAN KAJENKABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411174-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi intrinsik dan ekstrinsik merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar. Motivasi kerja memberikan dorongan terhadap para guru agar kinerja guru yang dihasilkan dapat lebih maksimal. Namun yang dijumpai di Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan kinerja guru yang dihasilkan belum maksimal. Hal ini diduga karena karena motivasi yang dimiliki tiap individu guru berbeda dan dapat berubah-ubah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan di sepuluh Sekolah Dasar di Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan yaitu SD Negeri 01 Gejlig, SD Negeri 02 Gejlig, SD Negeri 03 Gejlig, SD Negeri 01 Kebonagung, SD Negeri 02 Kebonangung, SD Negeri 01 Sambiroto, SD Negeri 02 Sambiroto, SD Negeri Salit, SD Negeri Rowolaku dan SD Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Survey Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 88 guru baik guru yang berstatus PNS maupun yang Non PNS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 guru yang diambil berdasarkan tabel Krecjie. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi kerja sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengambilan keputusan (uji hipotesis) menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Teknik pengujian analisis akhir (uji hipotesis) menggunakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan analisis koefisien determinasi. Pengujian ini menggunakan statistik parametrik yang memiliki uji prasyarat sebelum dilakukannya perhitungan yaitu uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Hasil yang diperoleh melalui perhitungan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa R sebesar 0,664 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 44.1%. Hal ini menunjukkan bahwa 44,1% kinerja guru Sekolah Dasar dipengaruhi oleh Motivasi kerja. Sedangkan 55,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan untuk semua pihak khususnya guru itu sendiri agar dapat meningkat motivasi kerja baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru; Motivasi Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:57
Last Modified: 12 Nov 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21458

Actions (login required)

View Item View Item