PEMBELAJARAN PENCAK SILAT MELALUI LINGKARAN ROTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SD YPPK SANTO LUKAS KOLAM DISTRIK MUTING PROVINSI PAPUA TAHUN 2015


Ikhsan Ansori, 6102411045 (2015) PEMBELAJARAN PENCAK SILAT MELALUI LINGKARAN ROTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SD YPPK SANTO LUKAS KOLAM DISTRIK MUTING PROVINSI PAPUA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa dalam pembelajaran pencak silat siswa masih merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, serta kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran pencak silat karena kurangnya variasi mengajar yang dapat menarik motivasi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran pencak silat melalui lingkaran rotan dapat memudahkan, menarik, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan VI di SD YPPK Santo Lukas Kolam, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V dan VI SD YPPK Santo Lukas Kolam dan menghasilkan produk yang berupa pembelajaran pencak silat menggunakan lingkaran rotan yang sesuai sebagai media pembelajaran gerak peserta didik kelas V dan VI SD YPPK Santo Lukas Kolam, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; 1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil kajian pustaka, observasi dan wawancara, 2) mengembangkan draf produk awal, 3) validasi ahli (satu ahli penjasorkes dan satu ahli pembelajaran), 4) perbaikan draf produk awal, 5) uji coba skala kecil (10 siswa), 6) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, 7) uji coba lapangan (16 siswa), 8) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, 9) hasil akhir berupa pengembangan pembelajarn pencak silat melalui lingkaran rotan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan VI di SD YPPK Santo Lukas Kolam, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua tahun 2015. Penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli Penjas 81,33%, ahli pembelajaran penjasorkes 85,33%, sehingga didapat rata-rata persentase sebesar 83,33%. sehingga memenuhi kriteria “baik”. Sedangkan data uji coba skala kecil didapat persentase 81% dan uji coba lapangan 88,87%, sehingga memenuhi kriteria “baik”. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pencak silat melalui lingkaran rotan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat digunakan sebagai media pembelajaran gerak peserta didik kelas V dan VI SD YPPK Santo Lukas Kolam, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua tahun 2015. Saran bagi guru penjasorkes di SD dapat menggunakan media pembelajaran ini di sekolah sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pencak silat, serta dapat mengembangkan media pembelajaran ini dengan materi yang berbeda-beda dalam ruang lingkup penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Pencak Silat, Melalui Lingkaran Rotan, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:11
Last Modified: 12 Nov 2015 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item