PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016


Mahfud Amin N, 6102411054 (2015) PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411054-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

ii Beberapa Sekolah Dasar di daerah Kecamatan Alian belum melaksanakn program pelaksanaan UKS belum optimal hal itu terjadi karena sarana prasarana UKS yang masih terbatas, selain itu sebagian besar sekolah juga belum mampu mengorganisasi Usaha Kesehatan Sekolah dengan baik, kurangya kerja sama yang baik dengan pihak-pihak terkait. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program UKS di SD Negeri se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program UKS di SD Negeri se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Negeri se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen yang berjumlah 34 sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan cara di undi dan sampel yang di ambil berjumlah setengah dari populasi yaitu 17. Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah program UKS yang meliputi: 1) pendidikan Kesehatan, 2) pelayanan Kesehatan, 3) lingkungan kehidupan sekolah yang sehat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengambil data primer dan dokumentasi untuk mengambil data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pendidikan kesehatan: 88% dengan kategori sangat baik. Hal ini ditunjukan dengan sudah rutinnya sekolah memberi pengetahuan kebiasaan hidup sehat serta bertanggung jawab terhadap kesehatan dirinya. 2) Pelayanan Kesehatan: 73% termasuk kategori baik. Sekolah telah mengikuti pertumbuhan dan perkembangan peserta didik serta pemberian imunisasi dari pihak-pihak yang terkait. 3) Lingkungan kehidupan sekolah yang sehat:68% . Hal ini di tunjukan tingginya kesadaran dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, tingginya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Hanya saja sarana dan prasarana pendukung untuk pelaksanaan program UKS yang masih terbatas. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen berjalan baik dengan rata-rata presentase 78%. Hal ini terlihat dari indikator, pendidikan kesehatan 82% termasuk kategori sangat baik, pelayanan kesehatan 76% termasuk kategori baik, dan lingkungan hidup sekolah yang sehat 76% termasuk kategori baik. Saran yang penulis sampaikan adalah 1) bagi pihak sekolah hendaknya lebih meningkatkan jalinan kerjasama dengan puskesmas atau lembaga terkait, orang tua dan masyarakat sekitar agar tujuan meningkatkan masyarakat sekolah yang sehat dapat terwujud. 2) Bagi guru penjasorkes sebagai pelaksana kegiatan UKS, hendaknya lebih aktif dalam memberikan pemahaman tentang trias UKS pada siswa,orang tua dan masyarakat sekitar dengan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usaha Kesehtan Sekolah, Trias UKS
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:06
Last Modified: 12 Nov 2015 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item