MODEL PERMAINAN BASDOR (BASKET GOBAK SODOR) UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG


Riza Arif Hidayat, 6102411065 (2015) MODEL PERMAINAN BASDOR (BASKET GOBAK SODOR) UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411065-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan wawancara bahwa pembelajaran Bolabasket di SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang belum terlaksana dengan maksimal, dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam memodifikasi pembelajaran khususnya Bolabasket. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Model Permainan Basdor untuk pembelajaran bolabasket dalam penjasorkes pada siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang Tahun 2015” . Sedangkan untuk tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model permainan Basdor untuk Pembelajaran bolabasket pada siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan bolabasket), (3) evaluasi para ahli dengan meggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (12 siswa), (5) uji coba lapangan (29 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan Basdor (Basket Gobak Sodor). Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi (satu ahli penjas satu ahli pembelajaran), uji coba skala kecil (12 siswa), dan uji coba skala besar (29 siswa). Dari hasil rata-rata validasi pada uji coba skala kecil didapat presentase sebesar 87% (baik). Hasil rata-rata kuisioner siswa pada uji skala kecil didapat presentase sebesar 99,16% (sangat baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba lapangan didapat presentase sebesar 89% (baik). Hasil rata-rata kuisioner siswa pada uji coba lapangan didapat presentase 93,74 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa permainan Basdor (Basket Gobak Sodor) dapat diterapkan sebagai model pembelajaran Bolabasket dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes Sekolah Dasar dapat menggunakan produk model pemainan Basdor (Basket Gobak Sodor) untuk pembelajaran Bolabasket dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Bolabasket, Permainan Basdor (Basket Gobak Sodor)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:02
Last Modified: 12 Nov 2015 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item