Analisis Persamaan Makna Peribahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata Hitodengan Peribahasa Indonesia (Studi Komparatif Bahasa Jepang dengan Bahasa Indonesia)

Anggita Kusuma Wardani, 2302408043 (2015) Analisis Persamaan Makna Peribahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata Hitodengan Peribahasa Indonesia (Studi Komparatif Bahasa Jepang dengan Bahasa Indonesia). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (781Kb)

    Abstract

    Peribahasa adalah kalimat pendek yang digunakan untuk memberi nasihat, peringatan, sindiran dan digunakan untuk pengajaran pedoman hidup.Peribahasa merupakan bagian penting dari bahasa Jepang yang erat hubunganya dengan aspek kebudayaan.Peribahasa dalam bahasa Jepang disebut dengan kotowaza.Seperti halnya peribahasa Indonesia, peribahasa Jepang juga terbentuk dari beberapa unsur, salah satu unsur pembentuknya adalah makhluk hidup seperti manusia atau dalam bahasa Jepang disebut hito.Hitosering dijadian unsur untuk membentuk peribahasa karena sifat dan tingkah lakunya, baik sifat dan tingkah laku yang baik maupun yang tidak baik. Dilatarbelakangi hal-hal di atas penulis tertarik untuk meneliti peribahasa Jepang yang terbentuk dari kata hito terutama untuk mengetahui makna dan padanannya dalam peribahasa Indonesia. Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mendekripsikan tentang persamaan makna peribahasa bahasa Jepang yang terbentuk dari kata hito dalam peribahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah teknik hubung banding. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah 1) mengumpulkan informasi mengenai peribahasa Jepang yang terbentuk dari kata hito,2) mengartikan semua peribahasa Jepang yang terbentuk dari kata hito kedalam bahasa Indonesia, 3) mencari peribahasa dalam bahasa Indonesia yang memiliki kesamaan makna, 4) menganalisis makna, 5) menyimpulkan hasil analisis. Daripenelitian ini hanya ada 13 peribahasa Jepang yang memiliki kesamaan makna dangan peribahasa Indonesia.Peribahasa-peribahasa yang mempunyai persamaan makna tersebut pada umumnya merupakan peribahasa dengan pandangan tentang kehidupan manusia secara umum. Ini menunjukan bahwa ada beberapa pandangan atau pendapat orang Jepang dan Indonesia yang sama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis Makna, Kotowaza, Hito
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 22:00
    Last Modified: 11 Nov 2015 22:00

    Actions (login required)

    View Item