PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG


MENTARI GANTI TRESNANINGRUM, 1401411168 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411168-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bertujuan untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang baik dan memiliki pengetahuan mengenai lingkungan sosial dan fisik yang ada di sekitar mereka. Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan oleh guru di kelas VB SDN Wonosari 03 Kota Semarang diketahui bahwa kualitas pembelajaran IPS masih rendah. Guru belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dan belum menggunakan media yang menarik. Aktivitas siswa belum tampak, karena siswa belum diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar IPS dari 39 siswa, hanya 38,5% yang tuntas dan 61,5% tidak tuntas. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik model STAD berbantuan CD pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD 2.2 pada siswa kelas VB SD Wonosari 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS KD 2.2 pada siswa kelas VB SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 38 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 40 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 46 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 32,65 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 39,23 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 44,15 dengan kriteria sangat baik; (3) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I adalah 56,41%, siklus II sebesar 74,36%, dan siklus III sebesar 84,62%. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa, model STAD berbantuan CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Saran yang dapat disampaikan adalah guru harus menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satunya yaitu model STAD berbantuan CD pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, IPS, kualitas, pembelajaran, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 03:01
Last Modified: 12 Nov 2015 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item