SURVEI MINAT TERHADAP OLAHRAGA REKREASI MELALUI CAR FREE DAY SEBAGAI AKTIVITAS PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI DI ALUN – ALUN JEPARA TAHUN 2015


Udin Utomo, 6102411072 (2015) SURVEI MINAT TERHADAP OLAHRAGA REKREASI MELALUI CAR FREE DAY SEBAGAI AKTIVITAS PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI DI ALUN – ALUN JEPARA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411072-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Car Free Day merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor guna mengurangi polusi dan memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk berolahraga atau berekreasi secara murah dan nyaman. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana minat masyarakat terhadap olahraga rekreasi melalui Car Free Day sebagai aktivitas peningkatan kebugaran jasmani di alun-alun kabupaten Jepara tahun 2015?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Minat Masyarakat Kabupaten Jepara terhadap Olahraga Rekreasi Melalui Car Free Day sebagai Aktivitas Peningkatan Kebugaran Jasmani di Alun – alun Kabupaten Jepara Tahun 2015. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat kabupaten jepara yang mengikuti Olahraga melalui Car Free Day di alun-alun Jepara. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 50 orang yang diambi secara acak dan pengambilan data berupa angket yang berisi 30 pertanyaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif persentase. Variabel dalam penelitian ini yaitu Minat Masyarakat Kabupaten Jepara Melalui Car Free Day Sebagai Aktivitas peningkatan Kebugaran Jasmani di Alun – alun Kabupaten Jepara Tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan minat masyarakat terhadap olahraga rekreasi pada car free day di Alun – alun Jepara yaitu 80,18% atau 34,62% dalam kategori aspek perhatian, 80,18% atau 35,04% dalam kategori aspek kesenangan dan 70,36% atau 30,34% dalam kategori aspek kemauan dari ketiga aspek ini di total menjadi 100% dengan sample 50 orang dan soal 30 pertanyaan. Dari hasil ini menunjukkan bahwa 43 dari 50 orang memilih kriteria sangat setuju bahwa olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat terhadap olahraga rekreasi melalui Car Free Day termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan persentase yang telah ditemukan setelah perhitungan. Pada aspek kesenangan dalam mengikuti Car Free Day tercatat paling tinggi dan aspek kemauan tergolong paling rendah. Adapun faktor cuaca sangat berpengaruh terhadap minat mengikuti Car Free Day. Maka penulis menyarankan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara yang melaksanakan Car Free Day di Alun – alun Jepara perlu memberikan peningkatan pelayanan yang baik pada saat Car Free Day serta menata kembali area Car Free Day dengan baik, aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Car Free Day, Kebugaran jasmani, Minat.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:56
Last Modified: 12 Nov 2015 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21445

Actions (login required)

View Item View Item