EFEKTIVITAS LUDO WORD GAME (LWG) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMK MITRA KARYA MANDIRI KETANGGUNGAN-BREBES


Merlyana Dwi Hapsari, 2302408024 (2015) EFEKTIVITAS LUDO WORD GAME (LWG) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI SMK MITRA KARYA MANDIRI KETANGGUNGAN-BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302408024-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jepang terdiri dari 4 aspek keterampilan berbahasa yang harus diperhatikan, yaitu mendengar (kiku), berbicara (hanasu), membaca (yomu), dan menulis (kaku). Keempat aspek tersebut dapat dicapai apabila didukung oleh penguasaan unsur-unsur bahasa. Unsur-unsur bahasa tersebut meliputi ungkapan komunikatif, pelafalan, ejaan huruf, tata bahasa, dan kosakata. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mempelajari kosakata dibutuhkan sebuah metode yang sesuai, pembelajaran juga harus disajikan secara menarik dan menyenangkan. Ludo Word Game merupakan media yang menggunakan papan permainan Ludo yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan kartu bergambar yang disajikan secara menarik, sehingga media ini dapat dimainkan secara mudah oleh pembelajar dan dapat mempermudah dalam menghafal kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus KR-20. Berdasarkan hasil analisis hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata pada post test lebih besar dari nilai rata-rata pre test. Hasil perhitungan menggunakan rumus ttest diperoleh thitung 6,88 lebih besar dari ttabel untuk n-1 yaitu (db = 34) baik pada taraf signifikan 1% yaitu 2,72 maupun pada taraf signifikan 5% yaitu 2,03. Hal ini menunjukan bahwa media Ludo Word Game efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Jepang di SMK Mitra karya Mandiri Ketanggungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ludo Word Game (LWG), Kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:52
Last Modified: 12 Nov 2015 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item