PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 SURAKARTA


Siska Ayu Prisdiana, 2301410022 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 SURAKARTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301410022-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar mampu membangkitkan semangat siswa untuk belajar. Guru adalah orang tua kedua bagi siswa yang berperan mendorong siswa agar pada dirinya tumbuh suatu motivasi. Untuk dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa, guru harus memiliki kompetensi berkomunikasi agar pesan yang disampaikan dapat diterima baik oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa Prancis pada siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa mengenai kompetensi berkomunikasi guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar bahasa Prancis siswa sebagai variabel terikat. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Surakarta. Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan dokumentasi. Angket pada penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan untuk mengukur reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha. Untuk menganalisis hubungan kompetensi berkomunikasi guru dan motivasi belajar siswa digunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh sebesar 0,664 > sebesar 0,514, yang artinya hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar bahasa Prancis siswa. Sementara itu besarnya kontribusi persepsi siswa mengenai kompetensi berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar bahasa Prancis siswa adalah 44,1%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi komunikasi, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:46
Last Modified: 12 Nov 2015 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item