UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL PADA SISWA KELAS IVA DI SDN WONOSARI 02 SEMARANG


Visi Dwi Saputra, 6102411096 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL PADA SISWA KELAS IVA DI SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102411096-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian yaitu masih rendahnya hasil belajar bola voli pada siswa kelas IVA di SDN Wonosari 02 Semarang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pendekatan pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar bola voli melalui pendekatan pembelajaran reciprocal pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Penelitian tindakan kelas menggunakan subjek siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Subjek yang diteliti berjumlah 38 siswa dengan siswa perempuan berjumlah 18 siswa dan siswa laki-laki berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan check list. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebelum menerapkan pendekatan pembelajaran reciprocal dengan data awal hanya 12 siswa dengan persentasi sebesar 31,6% siswa yang belum mencapai KKM. Pendekatan reciprocal diterapkan dalam pembelajaran bola voli pada siklus pertama jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dengan persentasi sebesar 60,5% sehingga ada peningkatan dari data awal sebesar 28,9%. Siklus kedua jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa dengan persentasi sebesar 81,6% dan mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 21,1%. Hasil penelitian pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar terlihat dari adanya peningkatan persentasi hasil belajar khususnya dalam pembelajaran bola voli. Peningkatan persentasi hasil belajar dengan pendekatan reciprocal disebabkan pendekatan pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantaranya menumbuhkan keberanian siswa dalam berbicara dan berpendapat sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran bola voli dan siswa lebih mudah memahami materi karena menggunakan tutor sebaya serta termotivasi untuk belajar. Simpulan penelitian yaitu pendekatan pembelajaran reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Saran yang diajukan yaitu guru penjas kelas IV hendaknya mempertimbangkan model pembelajaran bola voli menggunakan pendekatan pembelajaran reciprocal telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bola voli, pendekatan reciprocal
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:52
Last Modified: 12 Nov 2015 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item