PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TERPADUSTAD DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VSDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG


MOEVIA CITRA DEVI, 1401411558 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TERPADUSTAD DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VSDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411558-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di kelas V SDN Mangkangkulon01 Kota Semarang, ditemukan permasalahan tentang kualitas pembelajaran IPS yang belum dilaksanakan secara optimal. Berdasarkan hasil observasi, hanya 8 dari 39 siswa yang mencapai KKM (65). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran terpadu STAD dan Talking Stickdengan mediavideo. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model terpadu STAD dan Talking Stickdengan mediavideo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model terpadu STAD dan Talking Stickdengan media video pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitian terbagi dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan teknik nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh skor 27 dengan kategori baik, pada siklus II pemerolehan skor menjadi 35 dengan kategori sangat baik pada siklus III pemerolehan skor menjadi 41 dengan kategori sangat baik. aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh skor 31,92 dengan kategori baik, pada siklus II pemerolehan skor 35,15 dengan kategori sangat baik dan siklus III pemerolehan skor menjadi 40,07 dengan kategorisangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 64,1% dengan nilai ratarata 63,53, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 79,49% dengan rata-rata 81,28 dan pada siklus III meningkat menjadi 94,87% dengan nilai rata-rata 87,69. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui model terpadu STAD dan Talking Stickdengan media videodapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa. Saran yang dapat diberikan, dalam pembelajaran IPS dan pembelajaran lainnyahendaknya menerapkan model yang imovatif dan menarik, salah satunya adalah model terpadu STAD dan Talking Stickdengan media video.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, IPS, model terpadu STAD dan Talking Stick, media video.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:37
Last Modified: 12 Nov 2015 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21437

Actions (login required)

View Item View Item