PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTEDINDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG


KIKI SITI ROHMANA, 1401411557 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTEDINDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411557-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik Tujuan PKn belum tercapai dikarenakan guru kurang memaksimalkan penggunaan model pembelajaran, materi pembelajaran PKn yang banyak menyebabkan siswa membutuhkan kemampuan lebih untuk mengingat materi, kurangnya kerjasama siswa dalam berdiskusi kelompok menyelesaikan tugas serta media belajar kurang menarik. Hal tersebut menyebabkan 59,1%hasil belajar dari seluruh siswa pada mata pelajaran PKn belum mencapai KKM (67). Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajarpada siswa kelas IVA SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan.Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 (baik), siklus II memperoleh skor 25 (baik) dan pada siklus III memperoleh skor 29 (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,13(baik), pada siklus II memperoleh skor 23,68 (baik) dan pada siklus III memperoleh skor 26,63(sangat baik). (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 63,6%, meningkat pada siklus II menjadi 72,72%, dan meningkat pada siklus III menjadi 90,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Team Assisted Individualization dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Saran yang di berikan adalah hendaknya guru mampu mengiiplementasikan model Team Assisted Individualization dengan media audiovisual sebagai solusi meningkatkan kualitas pembelajaran PKn; hendaknya siswa dapat aktif bekerjasama dalam kelompok; sekolah diharapkan mampu mengembangkan model Team Assisted Individualization dengan media audiovisual lebih lanjut sehingga menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, kualitas pembelajaran, PKn, Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:33
Last Modified: 12 Nov 2015 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item