PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI TIME TOKEN BERBASIS FLASHCARD PADA SISWA KELAS IIIB SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG


SITI MUSYAYATI, 1401411555 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI TIME TOKEN BERBASIS FLASHCARD PADA SISWA KELAS IIIB SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411555-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab. Hasil refleksi awal pelaksanaan pembelajaran IPS menunjukkan kualitas pembelajaran rendah disebabkan faktor guru dan siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Peneliti bersama kolabolator mengambil solusi dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model time token berbasis flashcard. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Time Token berbasis flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IIIB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IIIB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif d an kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 28 dengan kriteria baik, pada siklus II skor 30 dengan kriteria baik, siklus III meningkat dengan skor 36 kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 23 kriteria baik, siklus II skor memperoleh 25,2 kriteria baik, dan siklus III skor 27,5 kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar kognitif pada siklus I ketuntasan klasikal 56%, siklus II ketuntasan klasikal 68%, dan siklus III ketuntasan 89%. (4) Hasil belajar afektif siklus I ketuntasan 74%, siklus II ketuntasan 79%, dan siklus III ketuntasan 83%. (5) Hasil belajar psikomotorik siklus I ketuntasan 57%, siklus II ketuntasan 68%, dan siklus III ketuntasan 79%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Time Token berbasis flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IIIB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Saran bagi guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran, salah satunya dengan model time token berbasis flashcard untuk meningkatakan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flashcard; IPS; Kualitas pembelajaran; Time token
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:25
Last Modified: 12 Nov 2015 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item