PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAERAH BINAAN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Siti Nur Azizah, 1401411554 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAERAH BINAAN 2 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411554-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional guru merupakan kemampuan guru dalam memahami, mengenali, meningkatkan, mengelola, dan memimpin motivasi diri sendiri dan peserta didik untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Di SD Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal masih dijumpai pengelolaan kelas yang kurang maksimal hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai Ujian Sekolah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Daerah Binaan 1. Berdasarkan alasan tersebut maka tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengelolaan kelas di SD Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SD Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang berjumlah 93 guru. Sampel penelitian sebanyak 76 guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan pengelolaan kelas sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji prasarat dan analisis akhir. Uji prasarat menggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis akhir menggunakan analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian adalah pertama, diperoleh tingkat kecerdasan emosional sebesar 84,98% dan termasuk kategori sangat kuat. Kedua, diperoleh tingkat pengelolaan kelas sebesar 78,80% dan termasuk kategori kuat. Ketiga, dari perhitungan uji regresi linier sederhana pada kolom sig. pada tabel ANOVA diperoleh nilai 0,000 dapat diartikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap pengelolaan kelas. Kedua, besarnya sumbangan kecerdasan emosional terhadap pengelolaan kelas dapat diperoleh dari uji koefisien determinasi yaitu dilihat pada tabel Model Summary kolom R Square sebesar 0,272 atau 27,2%. Dapat diartikan besarnya sumbangan kecerdasan emosional terhadap pengelolaan kelas di SD Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yaitu 27,2% dan 72,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Disarankan bagi guru untuk terus meningkatkan kecerdasan emosionalnya khususnya pengelolaan emosi selama pembelajaran agar tercipta pengelolaan kelas yang meksimal sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : kecerdasan emosional; pengelolaan kelas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:21
Last Modified: 12 Nov 2015 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item