PENERAPAN NILAI-NILAI POSITIF OLAHRAGA PADA KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SMA N 1 COMAL KELAS X DAN XI TAHUN AJARAN 2008/2009


Dwi Endra Desianto , 6101404510 (2009) PENERAPAN NILAI-NILAI POSITIF OLAHRAGA PADA KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SMA N 1 COMAL KELAS X DAN XI TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN NILAI-NILAI POSITIF OLAHRAGA PADA KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SMA N 1 COMAL KELAS X DAN XI TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENERAPAN NILAI-NILAI POSITIF OLAHRAGA PADA KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SMA N 1 COMAL KELAS X DAN XI TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Sejauh mana proses penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam kehidupan sosial siswa SMA N 1 Comal tahun pelajaran 2008/2009?. Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui sejauh mana proses penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam kehidupan sosial siswa SMA N I Comal tahun pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Comal tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu mengambil pengurus kelas masing-masing 3 orang dari tiap kelas dan didapat banyaknya sampel 54 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu proses penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam kehidupan sosial siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam kehidupan sosial siswa kelas X dan XI di SMA N 1 Comal tahun pelajaran 2008/2009 telah masuk dalam kategori baik (67,32%). Hal tersebut dikarenakan siswa telah mampu menerapkan nilai demokrasi dan saling menghormati dengan sangat baik, serta menerapkan nilai kedisiplinan, rasa memiliki, reward, kesabaran dan kepemimpinan dengan baik, tetapi pada penerapan nilai sportivitas, kerjasama dan sosialisasi baru cukup baik. Mengacu dari hasil tersebut peneliti dapat mengajukan saran yaitu : 1) siswa hendaknya senantiasa berusaha untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan olahraga di sekolah karena disamping dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengembangkan bakat dan kemampuan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan berbagai nilai-nilai positif yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sosialnya baik di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga yang komplek, 2) pihak sekolah disamping memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melaksanakan kegiatan olahraga yang seluas-luasnya juga perlu memberikan berbagai pembelajaran nilai-nilai positif olahraga pada diri siswa melalui pengawasan yang ketat atas kegiatan olahraga yang dilaksanakan siswa dan tidak segan-segan untuk memberikan teguran atau sangsi kepada siswa yang melanggar berbagai aturan yang dibuat sekolah maupun aturan yang telah disepakati bersama, 3) Bagi dinas terkait hendaknya dapat mengambil kebijakan untuk lebih mengefektifkan kegiatan olahraga di sekolah, dan 4) Bagi orang tua hendaknya memberikan motivasi kepada anaknya untuk dapat lebih aktif mengikuti kegiatan olahraga baik di sekolah maupun di rumah dengan menyediakan berbagai fasilitas olahraga yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NILAI POSITIF OLAHRAGA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 01:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item