PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LIMPUNG 03 KABUPATEN BATANG


Desy Tri Widiastuti, 1401411552 (2015) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LIMPUNG 03 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411552-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah dasar. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang tertarik mempelajari materi pelajaran bahasa Indonesia. Siswa kelas III SD Negeri Limpung 03 mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Ketuntasan belajar klasikal pada materi membaca intensif belum tercapai. Hanya 58% siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Model pembelajaran CIRC dapat dijadikan inovasi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Model pembelajaran CIRC mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi. Siswa dapat mengembangkan sikap tanggung jawab melalui kerja kelompok, sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas III SD Negeri Limpung 03 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pengamatan dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboraif yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu nilai akhir performansi guru ≥71, kehadiran siswa minimal 75%, persentase aktivitas belajar siswa ≥75%, rata-rata hasil belajar siswa ≥70, dan persentase tuntas belajar klasikal ≥75%. Penerapan model pembelajaran CIRC berhasil meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar membaca intensif pada siswa kelas III SD Negeri Limpung 03. Nilai performansi guru pada siklus I 81,39 dengan kategori AB, meningkat pada siklus II menjadi 90,34 kategori A. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 69,71% kategori tinggi, meningkat pada siklus II menjadi 78,86% kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas siklus I 78,29 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%, meningkat menjadi 81,91 dengan ketuntasan belajar klasikal 91,66% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru dan sekolah untuk menerapkan model pembelajaran CIRC sebagai inovasi pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, hasil pembelajaran, membaca intensif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:13
Last Modified: 12 Nov 2015 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item View Item