CARA PENYIMPANAN ARSIP PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA SEMARANG


Azizah Nur Rohmah , 7312312012 (2015) CARA PENYIMPANAN ARSIP PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7312312012-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Arsip mempunyai peranan sangat penting bagi suatu organisasi dalam proses menyajikan informasi kegiatan karena berperan sebagai alat pengingat, disamping itu arsip perlu disimpan karena mempunyai kegunaan bagi suatu organisasi. Pada Disperindag khususnya dibagian kearsipan merupakan unit kerja yang berperan dalam menyajikan suatu data informasi yang akan dibutuhkan. Namun, berdasarkan hasil observasi penulis bahwa fasilitas penyimpanan arsip pada Disperindag sudah lengkap, akan tetapi dalam menggunakan fasilitas penyimpanan arsip kurang maksimal sehingga menyebabkan arsip tertumpuk begitu saja. Dari latar belakang tersebut ditarik rumusan masalah bagaimana cara penyimpanan arsip dan kendala dalam proses cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penyimpanan arsip dan kendala yang dihadapai dalam proses cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan uraian hasil wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Objek kajian dalam penelitian ini adalah cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Disperindag Kota Semarang telah menerapkan cara penyimpanan arsip dengan melakukan tahapan yang baik. Namun, pemasalahan muncul ketika dalam proses menyimpan arsip kedalam tempat penyimpanan arsip. Hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga dalam bidang kearsipan. Berdasarkan uraian diatas, cara penyimpanan arsip sudah cukup baik karena langkah dari masuknya surat sampai sudah tersebut diproses sudah baik, namun diperlukan berbaikan dalam proses menyimpan arsip ketempat penyimpanan. Maka alangkah baiknya jika meningkatkan SDM pegawai arsip dan diperlukannya peningkatan pelatihan dalam bidang kearsipan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arsip mempunyai peranan sangat penting bagi suatu organisasi dalam proses menyajikan informasi kegiatan karena berperan sebagai alat pengingat, disamping itu arsip perlu disimpan karena mempunyai kegunaan bagi suatu organisasi. Pada Disperindag khususnya dibagian kearsipan merupakan unit kerja yang berperan dalam menyajikan suatu data informasi yang akan dibutuhkan. Namun, berdasarkan hasil observasi penulis bahwa fasilitas penyimpanan arsip pada Disperindag sudah lengkap, akan tetapi dalam menggunakan fasilitas penyimpanan arsip kurang maksimal sehingga menyebabkan arsip tertumpuk begitu saja. Dari latar belakang tersebut ditarik rumusan masalah bagaimana cara penyimpanan arsip dan kendala dalam proses cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penyimpanan arsip dan kendala yang dihadapai dalam proses cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan uraian hasil wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Objek kajian dalam penelitian ini adalah cara penyimpanan arsip pada Disperindag. Penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Disperindag Kota Semarang telah menerapkan cara penyimpanan arsip dengan melakukan tahapan yang baik. Namun, pemasalahan muncul ketika dalam proses menyimpan arsip kedalam tempat penyimpanan arsip. Hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga dalam bidang kearsipan. Berdasarkan uraian diatas, cara penyimpanan arsip sudah cukup baik karena langkah dari masuknya surat sampai sudah tersebut diproses sudah baik, namun diperlukan berbaikan dalam proses menyimpan arsip ketempat penyimpanan. Maka alangkah baiknya jika meningkatkan SDM pegawai arsip dan diperlukannya peningkatan pelatihan dalam bidang kearsipan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:10
Last Modified: 12 Nov 2015 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item