PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


DWI NOORCAHYANI, 1401411550 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411550-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarakan refleksi awal pada pembelajaran PKn kelas V yang dilakukan di SDN Tambakaji 03 Kota Semarang keterampilan mengajar guru masih rendah, guru selama proses pembelajaran berlangsung kurang mampu mengelola kelas dengan baik. Hal ini berdampak pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang kurang aktif. Akibatnya pada hasil belajar sebanyak 65% siswa mendapat nilai dibawah KKM. Oleh karena itu, untuk memecahkan permasalahan yang muncul digunakan penelitian menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantu multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantu Multimedia pada siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantu multimedia pada siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan setiap siklus. Tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajarn dapat meningkat. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 17 dengan kriteria cukup, siklus II mendapat skor 25 dengan kriteria baik dan siklus III diperoleh skor 33 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 15 dengan kriteria cukup, siklus II menjadi 20,25 dengan kriteria baik dan siklus III mendapat skor 24,26 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari data prasiklus dengan ketuntasan klasikal 35%, siklus I dengan ketuntasan klasikal 52,5%, siklus II dengan ketuntasan klasikal 74,29% dan siklus III dengan ketuntasan klasikal 97,37%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantu multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Saran adalah model Numbered Head Together (NHT) hendaknya dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas; pembelajaran; PKn; NHT; multimedia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 02:06
Last Modified: 12 Nov 2015 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item