PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK PENDEKATAN SCIENTIFIC BERPENILAIAN PISA
Noviani Setianingrum , 4101411042 (2015) PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK PENDEKATAN SCIENTIFIC BERPENILAIAN PISA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa untuk menerapkan konsep matematika yang telah diperoleh disekolah kedalam permasalahan sehari-hari yang berpengaruh pada rendahnya kemampuan literasi matematika siswa. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya implementasi soal kontekstual dalam pembelajaran matematika disekolah. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah mengimplementasikan model pembelajaran yang mengkaitkan pembelajaran matematika dengan permasalahan yang ada di kehidupan nyata. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran realistik pendekatan scientific untuk kelas eksperimen 1, model RME untuk kelas eksperimen 2, dan pembelajaran ekspositori untuk kelas kontrol. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apakah rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada konten quantity serta change and relationship pada kelas dengan model pembelajaran realistik pendekatan scientific dan kelas dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik dari rata-rata kelas dengan pembelajaran ekspositori? (2) apakah pencapaian literasi matematika siswa pada konten quantity serta change and relationship dengan model pembelajaran realistik pendekatan scientific tuntas secara klasikal? (3) apakah ada peningkatan literasi matematika dari kelas yang menggunakan model pembelajaran realistik pendekatan scientific? (4) bagaimanakah kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran realistik pendekatan scientific? (5) bagaimanakah kemampuan literasi matematika siswa dan kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal setara PISA? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 29 Semarang tahun pelajaran 2014/2015.Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1, siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian yang digunakan adalah desain concurrent embedded. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol (2) kemampuan literasi matematika kelas eksperimen 1 pada konten quantity serta change and relationship tuntas secara klasikal, (3) terdapat peningkatan literasi matematika siswa kelas eksperimen 1, (4) kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran realistik pendekatan scientific berkategori sangat baik, (5) Kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal setara PISA pada umumnya adalah siswa kesulitan memahami soal dan menerapkan konsep matematika. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang mengkaitkan pembelajaran matematika dengan permasalahan dikehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, PISA, RME, Scientific. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 02:02 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 02:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21423 |
Actions (login required)
View Item |