IMPLEMENTASI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII


Solekah Candra Dewi , 4101411040 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411040-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi matematika adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masih rendah. Hal tersebut dapat mengakibatkan siswa kurang mampu mengerjakan soal yang bersifat non rutin dan berdampak pada rendahnya nilai matematika Indonesia dalam studi komparatif internasional PISA yang dilakukan OECD. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang memanfaatkan internet yaitu edmodo. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP N 19 Semarang yang diberi model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo, PBL dengan pendekatan realistik, dan ekspositori; untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematika yang mendapat model pembelajaran PBL pendekatan realistik berbantuan edmodo meningkat; untuk mengetahui apakah kualitas model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbatuan edmodo memiliki kategori baik; untuk menelaah, mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal setipe PISA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Semarang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 255 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih tiga kelompok sampel yaitu 32 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo, 32 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik, dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data menggunakan uji analisis varians (anava) satu jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada kelompok model PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo lebih baik daripada rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada kelompok model PBL dengan pendekatan realistik dan kelompok ekspositori. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Semarang pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan edmodo meningkat. Kualitas pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo yang dilaksanakan memiliki kategori sangat baik. Dari hasil penelitian juga diperoleh kesulitan yang dialami oleh siswa dalam mengerjakan soal setipe PISA adalah kesulitan konsep dan prinsip.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Edmodo, PBL, Pendekatan Realistik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:40
Last Modified: 12 Nov 2015 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item